Kesan Minggu Pertama Kuliah

Liburan sudah berlalu, namun suasana liburan seakan masih melekat saat minggu pertama masuk kuliah. Begaimana tidak, hari pertama kuliah di bayang-bayangi rasa rindu kampung halaman. Ditambah lagi dengan perasaan haru dari orang tercinta yang melepas kepergian ke tanah rantau.

Minggu pertama kuliah tentunya sangat mengesankan, bertemu dengan banyak teman, sahabat, maupun dosen-dosen baru. Seperti halnya semester lalu kita saling bertegur sapa dan bersalam-salaman yang menandakan silaturahmi tetap terjaga sesama teman. Dan tak lupakita saling bertukar cerita liburan dan bahkan ada pula yang mencurahkan isi hatinya karena masalah cinta. Itulah kesan pertama masuk kuliah.

Memasuki hari pertama kuliah, di jadwal tertera mata kuliah Perekonomian Indonesia. Namun sangat disayangkan dosen pengampu tidak hadir. Sangat kesal rasanya karena tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Dan ini tidak terjadi pada satu mata kuliah saja. Pun juga semester-semester yang lalu saat minggu petama masuk kuliah pasti dosen tidak hadir tanpa alasan. Seakan sudah membudaya di kampus tercinta. Hari kedua kuliah pun juga demikian. Tak ada kesan yang berarti di kampus.

Hari ketiga kuliah kegiatan belajar mengajar sudah normal. Dosen baru,ilmu baru, pengalaman baru dan tentunya teman baru pula. Itulah kesan pertama yang didapat saat itu. Dan yang paling mengesankan ketika salah satu dosen mata kuliah yang megajar dengan diselingi dengan games. Ketika mendengar game tentunya semua senang, namun yang games yang ini ada esensinya. Menurut instruksi dosen mahasiswa diinstruksikan untuk menggambar wajah teman yang berada samping kita tanpa melihat lukisan tersebut. Artinya dalam menggambar wajah teman, posisi mata harus bertatapan dengan teman dan dilarang mengarah ke kertas tempat menggambar wajah teman kita yang berada di dada. Dan sedikit penjelasan dari dosen, esensi dari games itu adalah “dalam sebuah kehidupan haruslah punya visi, supaya masa depan kita dapat cerah”; beda halnya ketika seseorang tidak memiliki visi dalam hidupnya maka kehidupannya tidak jelas. Banyak coretan sama halnya seperti menggambar wajah tanpa melihatnya.

Di hari yang sama maka kegiatan organisasi pun juga aktif kembali, otomatis kesibukan mulai terasa,dan manajemen waktu perlu di atur dengan baik. Hari ketiga dan seterusnya mulai menyibukkan diri di kampus dan rasa rindu kampung halaman seakan menghilang. Bagaimana tidak? karena bertemu banyak hal baru yang bisa jadi pelajaran hidup kedepannya. Hal yang paling menyenangkan adalah ketika bertemu dosen yang tidak hanya mengajar mata kuliahnya saja, melainkan juga menyisipkan akhlak, kepribadian, dan quotes-quotes yang membuat mahasiswa termotivasi dan bersemangat untuk kuliah.  Itulah kesan yang saya dapatkan saat minggu pertama kuliah. Sangat menyenangkan dan banyak hal baru didapatkan.

Daniel Firman, Mahasiswa Ekonomi Syariah, Semester VI.

Shared:
Opini Dosen dan Mahasiswa