BERBEKAL MODAL INTERNASIONALISASI, PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH UMM RAIH AKREDITASI UNGGUL

Jum'at, 26 Januari 2024 10:15 WIB

Kabar gembira menyelimuti seantero civitas akademika Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Sebab pada tanggal 19 Januari 2024, Prodi Ekonomi Syariah berhasil meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) berdasarkan SK LAMEMBA Nomor 978/DE/A.5/AR.10/I/2024. Pencapaian ini menjadi sangat istimewa, sebab Prodi ini  baru berdiri di 2013, dan sebelumnya mendapatkan akreditasi B pada tahun 2019 lalu.

Guna menyongsong persiapan penilaian akreditasi kali ini, Prodi Ekonomi Syariah menggenjot upaya internasionalisasi dalam tridharma perguruan tinggi yang meliputi kegiatan pendidikan, berupa international visiting lecturer series, international review curriculum, maupun magang internasional yang dilakukan oleh Mahasiswa.


Selain itu, upaya internasionalisasi juga dilakukan dalam bidang penelitian berupa publikasi dalam jurnal internasional bereputasi, beberapa dosen prodi menjadi invited speaker pada agenda Internasional summer course, jugan berpatisipasi aktif pada kegiatan Internasional conference, salah satunya adalah raihan Best Paper di Jepang.

Tak kalah penting, kegiatan pengabdian internasional di Malaysia dan Taiwan juga dilakukan oleh dosen Program studi ekonomi syariah UMM guna menggapai mimpi meraih akreditasi unggul ini.

 “Alhamdullillah, berkat kontribusi aktif civitas akademika Program studi ekonomi syariah UMM, raihan akreditasi unggul dari LAMEMBA tidak lagi hanya menjadi angan-angan, tapi sudah menjadi kenyataan yang begitu membanggakan," ujar Kaprodi Prodi Ekonomi Syariah UMM Dr. Rahmad Hakim, M.MA.

Menurut Rahmad, raihan akreditasi unggul ini menggenapi raihan prodi ekonomi syariah sebelumnya pada tahun 2020, yaitu raihan akreditasi Sinta-2 oleh Kemendikbud RI untuk publikasi ilmiah Jurnal Falah yang dikelola oleh program studi ekonomi syariah. "Pencapaian ini, ibarat double winner dalam liga sepakbola", ujar Alumnus Universiti Sains Islam Malaysia ini.

Tentunya raihan ini tak lepas partisipasi dan dukungan semua pihak, baik pimpinan universitas, lembaga-lembaga terkait tingkat universitas, pimpinan Fakultas dan terkhusus peran aktif  Tim Taskforce Akreditasi Program Studi Ekonomi Syariah yang bekerja dengan sangat keras dengan penuh daya dan upaya. Dengan raihan ini, diharapkan dapat memacu raihan-raihan prestasi Prodi Ekonomi Syari’ah UMM yang lebih dahsyat lagi di masa mendatang untuk menyongsong narasi besar Indonesia Emas tahun 2024.

Shared: