Dua Dosen Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang, berhasil meraih "Certificate of Completion Associate Wealth Planner (AWP)" - Syariah.

Sabtu, 22 Juli 2023 10:22 WIB

Setiap Dosen di Perguruan tinggi memiliki hak dan kewajiban untuk mengembangkan diri maupun karir masing-masing demi menjaga keprofesionalan dalam bidang pekerjaannya. Hal inilah yang sudah ditunjukkan oleh dua dosen hebat Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang. Pasalnya, kedua dosen ini telah tersertifikasi profesi Associate Wealth Planner Syariah. Berkat sertifikasi profesi tersebut, keduanya mendapat tambahan gelar akademik baru, Associate Wealth Planner (AWP).

Kedua dosen tersebut yaitu Afifah Nur Millatina, S.E., M.SEI., AWP dan Sri Cahyaning Umi Salama, S.EI., M.SI., AWP, selaku Dosen Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang. Mereka telah mengikuti pelatihan dan sertifikasi profesi Associate Wealth Planner Syariah yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Perencanaan Keuangan Indonesia (LSPK) bekerja sama dengan Financial Planning Standard Board (FPSB). Pelatihan dan sertifikasi ini berlangsung selama dua hari secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting, Rabu hingga Kamis (15-16 Februari 2023).

Associate Wealth Planner (AWP) Syariah adalah sebuah program pelatihan yang komprehensif dalam perencanaan keuangan pribadi yang menggunakan prinsip-prinsip syariah. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan individu dalam mengelola keuangan, pendapatan, dan pengeluaran dengan tujuan mencapai kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat (Life and Hereafter).

"Sebagai Dosen Ekonomi Syariah, meraih "Certificate of Completion Associate Wealth Planner (AWP) - Syariah" tentunya merupakan pencapaian yang luar biasa dan membanggakan. Sertifikat tersebut menunjukkan kompetensi dan pemahaman kami dalam bidang perencanaan keuangan syariah, yang merupakan hal yang sangat relevan dan penting di era keuangan global saat ini. Kita dapat belajar manajemen pengelolaan keuangan, selain  itu juga mengenal instrumen investas, bagaimana merencanakan keuangan untuk jangka pendek, menengah hingga jangka panjang. Selanjutnya, tidak lupa untuk menyiapkan dana darurat selain dana tabungan dan investasi. Jangan sampai bagi yang sudah berpenghasilan itu arus keuangannya terkadang tidak tau keluar dan masuknya untuk apa saja, penting untuk mencatat pemeasukan dan pengeluaran agar jangan sampai besar pasak daripada tiang" Ujar Afifah Nur Millatina, S.E., M.SEI., AWP.

Sri Cahyaning Umi Salama, S.EI., M.SI., AWP menambahkan "Dengan sertifikasi ini, kami akan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam membantu individu (khususnya mahasiswa Ekonomi Syariah UMM) dan masyarakat pada umumnya untuk merencanakan keuangan mereka secara syariah, memberikan saran dan nasihat berharga dalam mengelola aset, investasi, dan perencanaan masa depan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Selain itu, gelar ini juga akan memperkuat posisi kami sebagai pakar dalam bidang Ekonomi Syariah dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat yang memerlukan nasihat finansial sesuai dengan prinsip syariah." Selain itu," tambah Umi Salama dengan antusias, "Sertifikasi Associate Wealth Planner Syariah ini juga akan menjadi landasan bagi penambahan Mata Kuliah Peminatan baru pada Kurikulum Prodi Ekonomi Syariah. Pada Angkatan 2023 mendatang, kami akan memperkenalkan Mata Kuliah 'Manajemen Perencanaan Keuangan,' yang akan mencakup prinsip-prinsip perencanaan keuangan syariah, strategi investasi berbasis syariah, dan manajemen risiko dalam konteks keuangan Islam. Dengan penambahan ini, kami berharap dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan yang lebih komprehensif kepada mahasiswa kami, sehingga mereka siap menghadapi tantangan dunia keuangan yang semakin kompleks dengan perspektif yang Islami."

Dengan penambahan Mata Kuliah Peminatan "Manajemen Perencanaan Keuangan" dan dukungan dari Dosen yang telah memiliki sertifikasi Associate Wealth Planner Syariah, Program Studi Ekonomi Syariah di Universitas Muhammadiyah Malang diharapkan semakin menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi positif dalam mengelola keuangan secara syariah, baik dalam skala individu maupun institusi.

Diharapkan dengan adanya Dosen yang telah memiliki sertifikasi Profesi Associate Wealth Planner Syariah dapat meningkatkan kemampuan dalam pengembangan perencanaan keuangan syariah, dan ilmunya dapat diaplikasikan dan ditransfer kepada mahasiswa maupun teman sejawat. Dengan demikian dapat mendukung pengembangan fakultas maupun program studi sehingga dapat bersaing di skala nasional maupun internasional. (MSSR/ANM)

Shared: