Hadapi Dunia Kerja, Prodi Ekonomi Syariah UMM Jalin Kerjasama Kelas Praktisi dengan Perbankan Syariah (BPRS ASSS)

Rabu, 07 Juni 2023 14:42 WIB

Malang - Rabu (07/06/2023) Prodi Ekonomi Syariah UMM menindaklanjuti kerja sama dengan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Artha Sinar Sejahtera Syariah (BPRS ASSS) dalam kegiatan kuliah praktisi profesi dan industri. Progam yang dinaungi oleh Laboratorium Ekonomi Syariah ini bersama pihak BPRS ASSS (eks BPRS Bumi Rinjani) menghadirkan pemateri Bapak Aep Saepuddin, S.E.I, M.E.Sy., CIRBD (Dirut) dan Bapak Didit Ferdyanto, SH., M.Hum. (Kabag Bisnis). Beliau merupakan para ahli yang sangat kompeten dalam dunia industri perbankan syariah, sehingga mahasiswa ekonomi syariah begitu antusias dalam mengikuti kegiatan kuliah praktisi pada kesempatan tersebut.

Adapun perkuliahan praktisi ini sebagai bentuk realisasi dari praktikum mata kuliah Manajemen Keuangan oleh Ibu S.C Umi Salama, M.Si dan juga mata kuliah Perbankan Syari'ah oleh Ibu Atut Frida, M.E. Praktikum berbalut kuliah praktisi ini tidak dilakukan di kampus UMM sebagaimana biasanya, namun kali ini diselenggarakan dengan mengunjungi kantor BPRS ASSS di Kota Batu. Sebagai bentuk kontinuitas dalam hal pemantapan materi profesi dan industri, maka kuliah praktisi ini akan diselenggarakan setiap hari Rabu selama bulan Juni 2023.

Pendidikan di Indonesia memerlukan terobosan baru dalam rangka menciptakan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja. Keterlibatan dunia usaha dan dunia industri sangat dibutuhkan untuk menyamakan persepsi mengenai tren dunia profesional dan kebutuhan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai dengan perkembangan zaman. Keterlibatan dunia usaha dan dunia industri masih perlu ditingkatkan terutama di tingkat pendidikan tinggi. Perkuliahan pada institusi pendidikan tinggi memerlukan partisipasi praktisi yang dapat berbagi pengalaman tentang bagaimana best practice yang dilakukan. Berbeda dengan perkuliahan pada umumnya di perguruan tinggi, program ruang kolaborasi antara dosen dan praktisi dengan pengalaman industri dilaksanakan selama satu semester. Program ini dapat menjadi pelengkap kurikulum yang telah berjalan. Selain berguna untuk mengisi kesenjangan antara keterampilan akademik juga akan memberikan pengalaman praktis dalam dunia industri. 


Kuliah Praktisi Profesi dan Industri adalah Merupakan Program yang bertujuan agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar civitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja. Diharapkan kedepannya mahasiswa ekonomi syariah memperoleh pengalaman belajar hard skills dan soft skills sebagai penguat keterampilan mahasiswa serta dapat meningkatkan relevansi skill lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja. (anm)

>Klik di sini yuk< untuk lihat video kegiatan! 

Shared: