Kolokium Doktor Ekonomi Syariah UMM; “Mengupas Makna Amanah dalam Pengelolaan Zakat”

Jum'at, 17 Juni 2022 06:13 WIB


Malang – Kamis (16/06/22), Fakultas Agama Islam menggelar kolokium doktor yang bertempatkan di Aula GKB 3 Lantai VI UMM. Kolokium doktor sendiri merupakan tradisi akademik yang sudah berlangsung lama terutama di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang.

Hadir dalam kegiatan ini kurang lebih dihadiri oleh 500 peserta yang terdiri dari seluruh jajaran Dosen Fakultas Agama Islam dan juga seluruh mahasiswa FAI UMM. Selain itu turut juga mengundang peserta dari luar yaitu bapak/ibu guru Sekolah Muhammadiyah se-Malang Raya dari  tingkat SD hingga SMA.

Dalam kegiatan tersebut terdapat tiga pemateri utama, yaitu pertama bidang ilmu tafsir hukum yaitu bapak Dr. Syamsurizal Yazid, M.A. dosen prodi Hukum Keluarga Islam. Kedua, bidang ilmu Ekonomi Syariah yaitu bapak Dr. Rahmad Hakim, M.MA. Dosen prodi Ekonomi Syariah. Dan Ketiga, bidang ilmu Bahasa Arab yaitu Bapak Dr. Achmad Tito Rusady, S.S., M.Pd. Dosen prodi Pendidikan Bahasa Arab.

Secara khusus, Dr. Rahmad Hakim, yang juga merupakan ketua Program Studi Ekonomi Syariah, menyampaikan orasi ilmiahnya tentang "Makna Amanah dalam Pengelolaan Zakat Menurut Amil Zakat". Latar belakang dari pengangkatan tema ini terkait Aspek terpenting dalam manajemen zakat yaitu amanah pengelola zakat. Namun demikian, realitas saat ini munculnya beberapa problem dalam pengelolaan dana zakat salah satunya ialah belum terkelolanya dana zakat secara amanah oleh lembaga amil zakat.

Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dalam penelitiannya, Dr Rahmad mengungkap makna amanah dari sudut pandang amil atau pengelola zakat. Berdasarkan temuan lapangan, makna amanah dapat terbagi ke dalam 5 dimensi utama, yaitu mentalitas, kapabilitas, akuntabilitas, profesional, dan tepat sasaran. Sehingga, beban tanggung jawab amil dalam mengelola zakat melingkupi lima dimensi tersebut. Hal ini menyebabkan amil perlu memiliki kompetensi yg memadai agar dapat menjaga amanah pengelolaan zakat di lembaganya masing-masing. (/fmm)

Shared: