KULIAH PERDANA MAHASISWA BARU 2019/2020 “Mewujudkan SDM Ekonomi Syariah yang Unggul di Era Distrupsi untuk Indonesia yang Berkemajuan”

Senin, 09 September 2019 07:50 WIB

Malang – Sabtu (07/09/19) Prodi Ekonomi Syariah UMM mengadakan Kuliah Perdana bagi mahasiswa baru Ekonomi Syariah. Acara ini dibuka oleh kepala prodi ekonomi syariah UMM, Azhar Muttaqin. Ia membuka acara ini sekaligus menjelaskan tentang seluk beluk Program Studi dan kegiatan perkuliahan yang akan dijalani selama empat tahun ke depan. Ia juga menyarankan mahasiswa agar mampu menikmati suasana di Malang ini. Karena Malang seringkali disebut dengan kampus wisata, dikarenakan suasana yang sangat nyaman, bisa serius dan santai ketika menghadapi dinamika kampus yang sangat kompleks.

 

Acara selanjutnya ialah materi kulper. Materi yang pertama diisi oleh Bapak Luthfi Abdillah selaku Kepala Cabang Bank Panin Dubai Syariah, ia memaparkan bahwa sebagai mahasiswa nantinya harus all out dalam segala kegiatan di kampus. Karena ketika sudah menghadapi kehidupan luar yang akan sering digunakan ialah kemampuan softskill, yakni kemampuan yang diperoleh di luar perkuliahan formal. Ia menjelaskan bahwa dari kemampuan formal skill dan informal skill yang sering digunakan di luar ialah informal skill, dengan perbandingan persentase 85% untuk informal skill dan 15% untuk formal skill. Ia juga menyatakan suatu hukum yang sering ia gunakan untuk dirinya sendiri, yakni Hukum Keras Lunak. Hukum Keras Lunak menyatakan “Siapa yang keras pada dirinya sendiri, maka dunia akan lunak pada dirinya”. Begitupun sebaliknya, siapa yang lunak pada dirinya, maka dunia akan keras pada dirinya.

 

Untuk materi kedua diisi oleh Dr. Fatmah, ST., MM., RSA selaku Ketua Komisariat IAEI UIN Sunan Ampel Surabaya. Ia memberikan materi dengan tema “Mewujudkan SDM Ekonomi Syariah yang Unggul di Era Distrupsi untuk Indonesia yang Berkemajuan”. Ia menjelaskan bahwa Literasi Keuangan Syariah di Indonesia masih cukup rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari Indeks Literasi Keuangan Syariah. Di tiga tempat yang berbeda, Jawa Timur 29.35%, Aceh 21.09%, dan DKI Jakarta baru di kisaran 16.36%. Jadi Indonesia masih sangat membutuhkan SDM-SDM Ekonomi Syariah yang unggul untuk perkembangan Keuangan Syariah.

 

Kemudian Ketua komisariat IAEI UINSA juga menandaskan bahwa untuk perkembangan Industri Jasa pada 4.0 saat ini masih dikuasai empat Unicorn terbesar, yakni Gojek, Traveloka, Bukalapak, dan Tokopedia. Unicorn ialah sebuah perusahaan startup dengan valuasi lebih dari 1 miliar USD.

Kemudian untuk acara terakhir diisi dengan pelantikan pengurus HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) yang baru. Ketua HMPS untuk tahun 2019/2020 diamanatkan kepada Aldi Bintang Hanafi, Mahasiswa semester V prodi Ekonomi Syariah. Sedangkan untuk struktur organisasi HMPS ialah sebagai berikut:

Struktur Organisasi HMPS EKOS 2019/2020

JABATAN NAMA
Ketua Umum Aldi Bintang Hanafi
Sekretaris Umum Diananda Hanan Nabila
Vanisya Afra
Bendahara Umum Febrina Rizda Syafitri
Yunia Dewi
Biro Media Komunikasi dan Informasi Kadiv M. Rio Darmawan
Sekdiv Ainun Islamiyah
Co Komunikasi Tasya Farelia
Co Design Faiz Maynaldi
Islam Ila Risadi
Divisi Penalaran dan Keilmuan Kadiv Azhari Purnomo
Sekdiv Nur Khotimah
Co Deputi Akademi Ferry Ardiansyah
Staf Deputi Akademi Risma Laida
Ika Nur Laily
Dian Arif Rahman
Co Deputi Fossei Mukti Cahyani
Fatmawati
Divisi HUMAS Kadiv Nuri Romadhon
Sekdiv Dianty Kurniawati
Co Deputi Eksternal Chojinatul Mufidah
Staf Deputi Eksternal Windiana Loren
M. Yustian Juliansyah
Nurul Hikmatunnisa
Ghefira Mahar Lazuardy
Julian Raka Firmansyah
Co Deputi Internal Presma Dana AR
Staf Deputi Internal Raisma Fajriyah
Liizzah Diana Manzil
Wakhidafi Suraiyah
Dimas Abnan
Dwi Surya Farizki
Divisi HRD Kadiv Rahmat Ramadhan
Sekdiv Camelia Nafla Salsabila
Co Internal Dicky Alfendo
Staf Internal Amelia
Zuhdi Ridho Robbi
Co Eksternal Lailatun Nikmah
Staf Eksternal Amelatul Lubbabah
M. Dimas Fadhilah
Divisi Partnership & Kewirausahaan Kadiv M. Abdullah Fattah
Sekdiv Nadia Safitri
Co Entrepreneur Nadilia Yuni Martha
Staf Entrepreneur Vitara Ria Nitasari
Sulfi Kurniawati
Muhammad Fajarudin
Mutia Amanda
Co Science Shohihatul Awaliyah
Staf Science Nurlaily Ayu Wulan R
Anas Hasyim Muhammad
Divisi Penelitan & Pengembangan Kadiv Yesi Dalita Auliya
Sekdiv Ismy Novira
Staff Muhammad Akbarul Haqiqi
Khoirul Anwar
Zammi Syahrul A
M. Hilman Salsabila
Lili Nurdiyah

Nabila Syahfitra Asmara

Shared: