MEMANTAPKAN VISI INTERNASIONALISASI, PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH MELAKUKAN LOKAKARYA VISI MISI DAN PROFIL LULUSAN

Kamis, 15 Februari 2024 17:11 WIB

 


Kamis, 15 Februari 2024. Program Studi Ekonomi Syariah bersama UPPS Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang, menyelenggarakan kegiatan Lokakarya Evaluasi & Pemutakhiran Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS) Program Studi di Lingkungan Fakultas Agama Islam UMM. Berlokasi di ruang Micro Teaching (MT) FAI UMM, kegiatan ini dihadiri oleh para pimpinan Fakultas, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Kepala Laboratorium, dan seluruh dosen program studi ekonomi syariah.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memutakhirkan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS), baik secara kelembagaan maupun secara keilmuan Program Studi Ekonomi Syariah yang diharapkan mampu bersinergi dengan kebutuhan dunia kerja dan akademis. Fokus evaluasi dan pemutakhiran VMTS terletak pada visi keilmuan program studi Ekonomi Syariah. Selain itu, Program Studi juga melakukan evaluasi terkait dengan Profil Lulusan.

Dalam sambutannya, Dekan FAI UMM Dr. Khozin, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan serupa sebenarnya telah ada sejak 2021 lalu, sehingga kesempatan lokakarya kali ini bersifat pemantapan dan finalisasi atas rancangan yang telah disusun. "Saya berharap ada prosprectus masing-masing program studi untuk menggambarkan profil lulusan yang ingin dirancang. Agenda kegiatan ini untuk membahas tiga hal, yakni speed, fleksibilitas, dan integrasi keilmuan ", ungkap beliau.

Dalam agenda ini dirumuskan beberapa hal, yaitu: bahwa visi program studi ekonomi syariah secara kelembagaan adalah "Menjadi program studi terkemuka tingkat Internasional tahun 2030 dalam pengembangan ilmu ekonomi berdasarkan nilai-nilai Islam.". Sedangkan visi secara keilmuan adalah "Mengembangkan dan menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bidang ilmu ekonomi berbasis pada Islamic commercial and social finance dan pemenuhan dalam mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs).

Selain itu, terdapat perubahan Profil Lulusan (PL) Program Studi Ekonomi Syariah, yaitu: (1) Praktisi Perbankan dan Keuangan Non-Bank Syariah, (2) Wirausahawan, dan (3) Akademisi Ekonomi Syari’ah.

Berbagai masukan dan saran telah diperoleh dalam kegiatan ini, baik dalam sidang komisi maupun pleno terkait VMTS Program Studi Ekonomi Syariah. Hal ini tentunya menjadi penguat dalam menajamkan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS) Program Studi untuk menyusuun strategi pencapaiannya. Dengan adanya lokakarya ini, akan menambah kualitas akademik dalam mewujudkan cita-cita Program Studi Ekonomi Syariah untuk mementapkan diri sebagai Program Studi Unggul yang mampu bersaing di kancah nasional dan internasional. (RH)

Shared: