Prodi Ekonomi Syariah UMM Upgrade ilmu Upgrade Karya melalui Workshop Penulisan Buku Ajar

Jum'at, 10 Juni 2022 13:15 WIB

Malang – Tepat setelah penyelenggaraan shalat Jumat (10/06/22), Prodi Ekonomi Syariah UMM menyelenggarakan workshop bagi para dosen tentang penulisan buku ajar/teks. Acara ini dihadiri oleh Para Dosen Prodi Ekonomi Syariah UMM bersama beberapa dosen lainnya yang ikut serta dalam kegiatan ini. Workshop atau Sharing Discussion tentang penerbitan buku teks ajar ini turut mengundang pemateri yang sangat kompeten di bidangnya, Bapak Dr. Wahyu Hidayat Riyanto, MM selaku Kepala UMM Press.

Workshop dengan skema diskusi ini dibuka dengan sedikit me-refresh kembali ingatan para dosen bahwa terdapat beberapa bentuk karya tulis ilmiah yang dapat dibukukan. Karya tulis ilmiah yang dibukukan ini dapat berupa handout, diktat, modul, buku ajar, monograf, bunga rampai hingga buku referensi. Buku tersebut dapat dijadikan acuan ataupun bahan ajar saat melakukan perkuliahan di kelas.

Disampaikan pula tentang pentingnya pemenuhan kewajiban membuat karya tulis ilmiah berupa buku bagi jenjang karir profesi dosen. Karya ilmiah buku yang ditulis oleh dosen secara individu maupun kolaborasi perlu dipublikasikan oleh Lembaga perguruan tinggi ataupun Lembaga publikasi resmi lainnya. Buku tersebut dipergunakan sebagai bahan ajar dan bacaan di dalam pengembangan literasi mahasiswa dan para akademisi lainnya.

Tuntutan dari Perguruan Tinggi kepada para dosen dalam memenuhi kewajibannya sebagai pengajar perlu diiringi dengan karya-karya tertulis untuk bisa menjadi bagian dari acuan saat melakukan kegiatan mengajar sesuai dengan UU No. 12 2021 pasal 12 ayat 3 tentang kewajiban dosen dalam menulis dan menerbitkan buku. Sehingga, workshop penulisan buku ajar ini bertujuan untuk membekali para dosen, terutama dosen prodi ekonomi syariah UMM, untuk semakin produktif dan termotivasi dalam melahirkan buku ajar dan karya ilmiah lainnya dengan berkualitas.

Pada sharing discussion yang dilaksanakan di Laboratorium Ekonomi Syariah UMM, kepala UMM Press ini memberikan materi terkait bagaimana seharusnya dalam membuat bahan ajar berbentuk buku. Setiap bentuk bahan ajar memiliki karakteristik dan fungsi tersendiri. Umumnya yang dipakai sebagai bahan ajar dalam perkuliahan ialah berupa diktat, modul, book chapter hingga buku referensi. Masing-masing dari bahan ajar tersebut dijabarkan kembali perbedaan hingga tata sistematika penulisannya. Hal yang dimuat di dalam tiap jenis bahan ajar tersebut dapat berupa hasil penelitian dosen, penjelasan lebih dalam atas suatu teori yang ada ataupun hasil tulisan kolaborasi antar dosen yang mengampu matakuliah sejenis.

Diskusi yang berlangsung menyiratkan bahwa terdapat beberapa kendala yang selama ini dialami oleh para dosen dalam menghasilkan buku. Beberapa dosen bahkan sudah menyiapkan beberapa draft buku yang siap untuk diajukan untuk dapat diterbitkan tetapi masih memiliki ganjalan sebelum dikirimkan. Namun, kendala tersebut tidak mengalahkan semangat berkarya yang disambut baik oleh UMM Press melalui pemberian tips dalam menyusun karya tulis buku serta menjawab solusi atas masalah yang ditanyakan para dosen yang hadir. Hal ini diharapkan dapat mendorong produktifitas para dosen dalam mencetakan karya-karya baru berupa buku yang berkualitas.

Acara yang berlangsung kurang lebih dua jam ini memberikan bahan bakar semangat baru bagi para dosen Ekonomi Syariah UMM dalam melahirkan karya bacaan yang bermanfaat. Harapan terbesar dari agenda workshop ini adalah bertambahnya karya dosen Ekonomi Syariah UMM berupa bacaan ilmiah yang dapat dinikmati tidak hanya bagi mahasiswa pada matakuliah tersebut namun juga sebagai bagi para akademisi lainnya. (/RAH)

Shared: