Ide Bisnis "Dari Sampah Menjadi Berkah", Membawa Kejuaraan Pada Event East Java Economic (EJAVEC) Forum Java Shariah Business Model Competition 2023.

Selasa, 03 Oktober 2023 04:57 WIB

Malang, 03 Oktober 2023 – Salah satu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang baru-baru ini meraih prestasi gemilang dengan menjuarai lomba Bisnis Plan Syariah. Muhammad Zinedyne Zidane, Merupakan seorang mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah angkatan 2020, Alhamdulillah telah meraih Juara 2 dalam Kompetisi Java Business Model, Seminar & Sharing Session dengan tema “Memperkuat Peran Ekonomi Syariah yang Inklusif dan Berkelanjutan dalam Mendukurng Ketahanan Ekonomi Jawa Timur” yang diselenggarakan oleh East Java Economic (EJAVEC). 

Guna Mendukung kemajuan ekonomi syariah Muhammad Zinediyne Zidane ini mengangkat judul proposal “Dari Sampah Menjadi Berkah”, dalam wawancara Zidan menceritakan sedikit asal muasal mengangkat judul ini “Sebelumnya saya telah mengamati lingkungan sekitar, sampah organik ini masih menjadi permasalahan di setiap rumah tangga atau disetiap daerah yang mana sampah ini masih susah untuk di tanggulangi dari keresahan itu muncul lah ide bisnis ini. Selain itu saya melihat opportunity apabila sampah organik ini dikombinasikan dengan magot. Sehinggah saya memiliki ide untuk menjadikan ini sebagai peluang bisnis sekaligus menjadikan bisnis ini solusi bagi lingkungan sekitar.” begitu tuturnya, melalui pengamatan dan menemukam permasalahan yang ada zidan menjadikan ini sebagai peluang dan sekaligus menjadi solusi terhadap permasalahan yang ada.

Dengan judul Sampah Menjadi Berkah Ini Zidan memaparkan bahwa “Dalam bisnis ini terdapat dua teknik marketing yang digunakan yang pertama adalah digital marketing mencakup Instagram, Tik Tok dan lain-lain. Kemudian yang kedua adalah melalui edukasi mengingat masyarakat masih minim pengetahuan tentang magot, sehinggah kita berikan edukasi terkait kegunaan magot ini.” Melalui Sosial media dan memberikan edukasi kepada masyarakat luas terkait fungsi magot menjadikan peluang untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki. Bukan hanya sekedar bisnis zidan juga menjelaskan bahwa dalam bisnis tersebut menggunakan dua akad yaitu akad Musyarokah dan akad Ijaroh Bi Al-amal.

Dalam wawancara berlanjut Zidan menceritakan bahwa “Awalnya saya sebenarnya tidak terpikirkan untuk mengikuti lomba dan nggak ekspek akan menang, hanya saja saat menempuh salah satu mata kuliah di semester enam yaitu matakuliah Manajemen Pemasaran Syariah yang diampu oleh Ibu Afifah Nur Millatina, S.E., M.SEI.. Saat itu bisnis plan ini hanya sebagai tugas praktikum matakuliah saja tapi mahasiswa ekonomi syariah konsentrasi manajemen semester enam diberikan informasi dan kesempatan bahwasanya tugas ini dapat diikutkan lomba yang diadakan oleh Ejavec, tugas yang kami kerjakan melalui tahap bimbingan dan konsultasi dosen mata kuliah, kemudian saya sangat senang dan tidak di sangka proposal saya diterima untuk kemudian diberikan kesempatan mempresentasikan bisnis plan saya dan akhirnya Alhamdulillah meraih juara 2 dengan hadiah sebesar Rp 15.000.000. Berawal dari tugas matakuliah dan dorongan para dosen juga menjadi alasan mahasiswa untuk berkembang serta memiliki kebebasan untuk berkreasi dan meraih prestasi.

Tak hanya sampai di sini, Zidan memiliki harapan yang besar untuk melanjutkan bisnis ini sehinggah dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan menjadi salah faktor untuk perkembangan dan kemajuan ekonomi syariah serta dapat menjaga ketahanan ekonomi Jawa Timur. Kemenangan dalam lomba bisnis plan syariah ini telah menjadi dorongan besar bagi mahasiswa Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Malang dan diharapkan akan memberikan inspirasi kepada mahasiwa lainnya untuk terus menggali potensi yang mereka miliki dalam pengembangan serta mendukung kemajuan ekonomi syariah khusus di bidang bisnis yang berlandaskan prinsip-prinsip syariah. (ANM/AM)

Shared: