Masyaallah, Hafizh Mahasiswa Ekonomi Syariah UMM Punya Platform "Siyasa" Tanpa Riba

Selasa, 21 Mei 2024 10:24 WIB

Prestasi mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Malang (Ekos UMM) memang patut diacungi jempol kesuksesan. Salah satunya Al Hafizh Muhammad Fauzy mahasiswa semester akhir ini bersama beberapa temannya membuat platform Siyasa. 

Siyasa? Ya, platform Siyasa kata Hafizh -begitu Al Hafizh Muhammad Fauzy disapa- adalah platform untuk pembiayaan proyek pemerintah, yang dibuat bersama lima orang temannya lintas universitas. Mereka adalah Amira Hana (Universitas Indonesia), Nethania Khalisa  (Universitas Indonesia), Lingga Erlambang (Universitas Indonesia Brawijaya), Ismu Alfi (Itenas), dan Muhammad Saputro (Universitas Muhammadiyah Yogjakarta).

Secara umum platform Siyasa ini dijelaskan Hafizh, bagi vendor yang menang proyek pemerintah namun butuh modal finansial untuk mengerjakan proyek tersebut bisa menghubungi platform Siyasa ini. Nah oleh Siyasa para vendor ini akan dipertemukan dengan pemilik modal atau Lembaga keuangan. Siyasa hanya sebagai platform untuk menghubungkan antara vendor dengan Lembaga keuangan.

Yang membedakan Siyasa dengan lembaga keuangan pada umumnya diantaranya tidak ada bunga, system yang digunakan bagi hasil sesuai syariah Islam, tidak ada agunan (jaminan), pembayaran dilakukan per termin (pembayaran mengikuti tanggal di SPK).

Saat ini, kata Hafizh, sejak Januari 2024 hingga Mei 2024 tercatat sekitar 250 perusahaan yang sudah terdaftar di e-katalog atau yang sudah atau belum memiliki SPK. Sementara ini wilayah jangkauan Siyasa masih wilayah Jabar dan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). (humas ekos umm/don)  

Shared: