Meningkatkan Daya Saing Mahasiswa, Dengan Praktik Aplikasi Akuntansi Bersama Zahir Internasional

Rabu, 22 November 2023 12:11 WIB

Dalam rangka meningkatkan pengalaman pembelajaran mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah UMM, Prodi menyelenggarakan kuliah pakar dengan mendatangkan praktisi pada Senin 13/11/2023. Kegiatan ini diselenggarakan dikhususkan untuk mahasiswa yang tengah menempuh Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi. Praktisi yang didatangkan merupakan pengelola di PT Zahir Internasional, sebuah perusahaan yang menyediakan aplikasi akuntansi untuk perusahaan di bidang jasa, dagang, dan manufaktur. Kegiatan ini diselenggarakan di Laboratorium Pengembangan Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang yang bertepatan pada masjid A.R. Fachruddin.

Materi disampaikan oleh Pak Kautsar Tasniem, atau biasa dipanggil dengan Pak Aal, yang merupakan pengelolan PT Zahir Internasional di Kota Malang. Pada awal materi, beliau memperkenalkan tentang PT Zahir. Perusahaan ini telah memiliki lebih dari 100.000 pengguna yang tersebar di Indonesia dan ASEAN. Khusus Kota Malang telah terdapat 1.500 pengguna. Perusahaan yang berdiri sejak 1996 menyediakan aplikasi yang memudahkan proses akuntansi di suatu perusahaan sehingga dapat menghasilkan informasi keuangan secara real time. Informasi ini kemudian akan dijadikan dasar pengambilan keputusan. Sehingga, aplikasi ini dapat meningkatkan efisiensi perusahaan dalam membuat keputusan bisnis dengan informasi yang cepat dan akurat.

Pada sesi terakhir kegiatan, pemateri memberikan contoh penggunaan aplikasi Zahir untuk usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Peserta kegiatan aktif dalam sesi ini, dari sesi materi dan sesi pertanyaan. Usaha yang dijadikan contoh merupakan usaha dari salah satu peserta, yaitu usaha hijab. Pemateri memperlihatkan bagaimana perubahan stok persediaan hijab, perubahan keuntungan, dan juga laporan keuangan secara real time. Sehingga, sektor UMKM juga dapat difasilitasi dengan aplikasi ini. Terakhir, kegiatan ini ditutup dengan foto bersama pemateri dengan peserta. Diharapkan dengan adanya mengundang praktisi dalam bidang akuntansi, mahasiswa mendapatkan pengalaman dan ilmu baru terkait akuntansi pada dunia usaha, selain mendapatkan ilmu teori di dalam kelas. [FMM]

Shared: