PENGEMBANGAN EKONOMI SYARIAH DENGAN OPTIMALISASI FINTECH SYARIAH: KULIAH PERDANA EKONOMI SYARIAH UMM

Kamis, 21 September 2023 10:51 WIB

afsi zahir financial technology ekosumm fintech

Senin, 18 September 2023 merupakan hari pertama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang kembali ke kampus untuk menjalani perkuliahan dan memasuki tahun ajaran baru 2023/2024. Begitu juga dengan mahasiswa program studi ekonomi syariah, para dosen bersama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah (HMPS EKOS) mengadakan acara kuliah perdana yang dihadiri kisaran 120 mahasiswa ekonomi syariah. Acara ini mengusung tema “Pengembangan Ekonomi Syariah dengan Optimalisasi Fintech Syariah” dengan narasumber Bapak Dr. Muhammad Ismail selaku wakil ketua umum AFSI (Asosiasi Fintech Syariah Indonesia) & CEO Zahir Internasional serta Bapak Mochammad Novi Rifa’I M.A., M.E selaku dosen program studi Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Malang.

Acara yang diadakan di Aula GKB 3 Lantai 6 ini dihadiri oleh Wakil Dekan I Bapak Pradana Boy ZTF, S.Ag, M.A., P.hD dan juga para dosen program studi ekonomi syariah. Selain itu, sebelum memasuki acara inti, terdapat acara launching buku karya Dosen Prodi Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Malang dalam bentuk Book Chapter, yang berjudul “PENGEMBANGAN EKONOMI SYARIAH DI ERA DISRUPSI: Peluang dan Tantangan” di dalamnya terkumpul karya tulis sesuai dengan kebidangan dosen, seperti perbankan dan lembaga keuangan syariah, Akuntansi syariah, Zakat, Wakaf, Manajemen pemasaran dan Ilmu ekonomi islam.

Diawali dengan materi tentang “Fintech Dalam Perspektif Fiqh Muammalah” oleh bapak Novi Rifai sebagai teori dasar. Dilanjutkan pengenalan fintech Syariah oleh bapak Dr. Muhammad Ismail, beliau memaparkan definisi fintech, macam-macam fintech, hingga bagaimana cara kerja fintech dimana kita dapat berperan sebagai penerima dana dan pemberi dana. Ada banyak macam fintech, diantarannya IKD (Inovasi Keuangan Digital, Securities Crowdfunding, P2P, dan Payment). Beliau memaparkan bahwasanya fintech syariah masih belum mampu berkembang secara optimal, yang mana salah satu faktornya adalah kurangnya dukungan pemerintah, CEO Zahir Internasional ini juga berharap para mahasiswa mulai menggunakan layanan fintech syariah di era digitalisasi ini.

Setelah melewati acara inti, kemudian dilanjutkan dengan pemberian reward bagi mahasiswa yang memiliki indeks prestasi terbaik pada setiap angkatan. Mahasiswa terbaik ekos UMM dari angkatan 2020 yaitu; Miranti Rahmadini dengan IPK 3.98 dan Alya Rufaidah meraih IPK 3.94. Angkatan 2021 mahasiswa terbaik adalah; Diana Nury Izzabillah dengan meraih nilai IPK 3.97 dan Alyani Nisa Febriyanti dengan IPK 3.95. Selanjutnya, angkatan 2022 ekos yang terbaik ialah Athar Didan dan Azka Rafi Fauqulizzi dengan IPK yang menabjubkan 4.00. Hal ini dilakukan sebagai apresiasi bagi mereka yang telah berusaha semaksimal mungkin selama pembelajaran kuliah. Selanjutnya yang terakhir yaitu kegiatan pengenalan dosen dan HMPS Ekonomi Syariah, kegiatan ini dilakukan agar para mahasiswa baru 2023 lebih mengenal dosen yang akan mengampu mata kuliah di program studi Ekonomi Syariah. Kegiatan pengenalan HMPS EKOS ini juga serta merta agar teman-teman mahasiswa mengetahui struktural yang ada di dalam himpunan. (ANF/A)

 

 

Shared: